Perencanaan Konektivitas Ship to Shore Tahap Lanjut

Perencanaan Konektivitas Ship to Shore Tahap Lanjut

Menurut salah satu penyedia kominikasi satelit terkemuka di dunia untuk industri maritim, konektivitas kapal dan pantai tahap lanjut akan didominasi oleh perkembangan aplikasi agar  pemilik kapal dan manajer dapat mengurangi biaya dengan meningkatkan efisiensi operasional, otomatisasi proses, dan menghindari perbaikan yang mahal.

Brent Bruun, Wakil Presiden Eksekutif Mobile Boradband di KVH Industries, Inc., pada konferensi CMA Shipping 2015 di Stamford, Connecticut, sebagai panel ahli terkait dampak “data besar” terhadap operasional maritim, menyatakan terjadi perkembangan di beberapa sektor penting seperti pemantauan mesin, perawatan jarak jauh, grafik elektronik pengiriman satelit, data cuaca, dan layanan e-Learning. Beberapa upaya juga telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kapal untuk memenuhi peraturan internasional.

Dia mengatakan kepada delegasi bahwa semuanya bertentangan dengan latar belakang sebuah industri yang berupaya mengurangi penggantian kru dan meningkatkan pelatihan aset pelaut. Merekrut dan mempertahankan kru berkualitas masih menjadi tantangan besar bagi industri terkemuka dengan “kru muda yang sering mengakses internet” yang dituntut untuk bekerja menggunakan peralatan canggih dan memenuhi ekspektasi peraturan yang rumit.

Bruun mengatakan pelaut zaman sekarang meminta sambungan komunikasi yang baik ke rumahnya. Mereka ingin mengakses media sosial dan internet di laut serta ingin memiliki akses ke berita, film, hiburan televise, dan musik, “semuanya harus mendapat izin.” Mereka juga menginginkan pelatihan dan pengembangan profesi yang lebih baik.

“Industri pelayaran harus mengubah cara berpikirnya tentang konentivitas dan pengiriman konten,” katanya.

Saat ini, industri maritim sedang menghadapi peningkatan permintaan konektivitas pita lebar (broadband) di laut yang dapat diakses oleh perangkat mobile. Tren seperti ini dipicu oleh kehadiran pelaut muda yang terbiasa mengakses internet.

Menurut Bruun, tren di darat yang memaksa perusahaan ponsel menjual akses berkapasitas gigabyte mulai menjamah layanan maritim. Layanan akses data di laut harus menyasar pada peningkatan permintaan operasional dan kemungkinan penggunaan data broadband kru kapal yang melebihi jaringan data kapal: “Upaya menambah kapasitas lebar pita (bandwidth) dan kecepatan data tidak cukup karena selalu ada cara untuk membuat kapasitas tersebut penuh,” katanya.

Operator kapal juga menginginkan transparansi yang lebih besar terkait banyaknya data yang digunakan dan yang dibutuhkan. Pemilik dan operator menginginkan kejelasan dalam tren penggunaan data dan pemahaman yang lebih baik terkait implikasi penggunaan data.

Bruun mengatakan ada peningkatan tren terkait penggunaan multicasting di mana satu transmisi mengirimkan beberapa file ke seluruh kapal. Layanan ini memiliki server di kapal untuk akses yang lebih cepat.

“Layanan pengiriman konten IP-MobileCast™ dari KVH dirancang untuk tidak mempengaruhi kualitas atau bersaing dengan layanan VoIP atau internet pemilik kapal. Kapasitas transmisi disesuaikan dengan beban puncak sehingga sekitar setengah kapasitas jaringan tidak terpakai. Multicast data dipancarkan pada bandwidth yang tidak terpakai dengan prioritas yang lebih rendah daripada standard lalu lintas IP. Selain itu, multicast data tidak menggunakan peruntukan data rencana mini-VSAT Broadband dari kapal atau pelanggan,” katanya. “Pendekatan multicast seperti IP-MobileCast menurunkan permintaan kru terhadap bandwidth.” (Ast/Mhf)

Source : https://maritimenews.id/perencanaan-konektivitas-ship-to-shore-tahap-lanjut/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Global Telesindo membantu anda untuk memberikan solutions satellite Communication terbaik untuk anda. Kami siap membantu memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan akses internet dan komunikasi satelit untuk sesuai dengan kebutuhan anda. Maritime Solutions Global Telesindo mampu memberikan solusi maritime kepada para pengguna maritim sistem komunikasi satelit yang canggih, andal, dan hemat…

Solutions

Top 3 Seller

Support
Support